TK ‘Aisyiyah dan Pendidikan Karakter

tk aisyiyah

TK Aisyiyah Panti Putra

Visi dan Misi TK Aisyiyah Panti Putra

Visi

Terbentuknya generasi yang Islami, cerdas dan trampil serta mampu menyesuaikan dengan perkembagan zaman.

Misi

Menyelenggarakan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal secara berkualitas dan menjadi kebanggaan umat.

Motto

Taman Kanak-Kanakku adalah sarana Ibadahku.

Sejarah Singkat Berdirinya TK ABA Panti Putra

Bermula dari animo, kegelisahan serta keprihatinan masyarakat tentang belum adanya lembaga pendidikan utnuk anak-anak balita di lingkungan kelurahan Ringinharjo, maka ibu-ibu Aisyiyah yang didukung oleh bapak-bapak Muhammadiyah berniat untuk mendirikan sebuah pendidikan Taman Kanak-kanak dengan dana swadaya dari masyarakat sekitar.

Niat yang mulia itu terwujud pada tanggal 2 Maret 1956 dengan nama TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PANTI PUTRA. Adapun untuk penyelenggaraan pendidikan saat itu menempati rumah Ibu Hj. Pawiro Sumarto yang beralamat di Bantul Karang, Ringin Harjo, Bantul. Penyelenggaraan TK pada saat itu sangatlah sederhana dengan saran dan prasarana yang sangat terbatas dengan satu papan tulis dan satu guru yang tidak mendapat imbalan apapun karena peserta didik pun belum dipungut biaya. Sedangkan kebutuhan TK untuk keperluan operasional pendidikan ditanggung oleh Pimpinan dan anggota Muhammadiyah maupun Aisyiyah denga sistem penarikan donatur.

Seiring dengan berjalannya waktu, berkembang pula TK ini mulai dari pembelian tanah baru, kemudian pembangunan lokal kelas baru karena perserta didik yang makin banyak jumlahnya. Kurikulum dan pelajaran yang diajarkan pun sudah semakin berkembang seperti PROGRAM PLUS yang menambah pelajaran tentang keagamaan dan tambahan khusus jam pelajaran.

Dan pada akhirnya banyak prestasi-prestasi diraih baik dalam tingkat kabupaten maupun tingkat DIY dan ini semua tidak pernah lepas dari perjuangan para pengurus-pengurus yang telah berkorban jiwa dan raga demi terlaksananya pendidikan balita ini.

Nama Pimpinan

TK Aisyah Panti Putra dipimpin oleh:

Ketua: Suryati S.Pd.

Sekretaris: Uning Susilowati S.E

Alamat Lembaga/AUM: Jetak, Ringinharjo, Bantul

Tahun berdiri: 2 Maret 1956

Jumlah Pimpinan/Pengurus: 13 orang

Jumlah Anggota: 13 orang

Program Unggulan

Untuk mewujudkan visi dan misi yang ada, TK Aisyaah Panti Putra mempunyai program unggulan antara lain:

  1. 1.      Keagamaan

Dalam bidang keagamaan banyak kegiatan dan program-program yang dilaksanakan diantaranya:

1.1. Praktek Sholat

Guna terbentuknya generasi yang Islami sesuai apa yang dicanangkan dalam visi, maka dilaksanakan praktek sholat yang bertujuan mengajarkan anak untuk beribadah terutama adalah sholat sejak usia dini. Dalam pelaksanaannya anak-anak dibimbing dan diarahkan oleh para pengajar, supaya apabila terdapat ketidaksesuaian dalam pelaksanaan oleh anak, baik dalam gerakan maupun dalam do’a  maka ada yang menegur dan memberikan contoh dan mempraktekkan kembali dan diikuti oleh anak didik.

1.2. Hafalan Hadist

Program ini ditujukan agar anak mengetahui minimal hadist-hadist Nabi agar nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan kesehariannya baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sosial. Pada program ini anak didik dianjurkan menghafalkan 25 hadist dalam satu semester. Hadist yang dihafalkan adalah hadist-hadist yang berhubungan dengan tata krama, ibadah dan lain-lain tentunya hadist yang matan nya pendek dan tidak terlalu panjang untuk dihafalkan oleh anak didik.

1.3. Iqra’

Program ini ditujukan pada penegtahuan anak pada huruf-huruf hijaiyyah dan bagaimana cara pengucapan atau makharij al-huruf  yang benar pada setiap huruf. Iqra’ dijadikan pedoman agar nantinya dalam membaca al-Qur’an bisa lancar tentunya disertai dengan penggunaan ‘ilmu at-tajwid agar bacaannya bukan hanya lancar, tetapi benar dan enak didengarkan.

1.4. Hafalan Surat Pendek

Selain dari hafalan hadist-hadist terpilih, ada program unggulan lain yaitu hafalan surat pendek. Dengan program ini, anak didik diharapkan mampu menghafal surat-surat pendek yang terdapat pada juz akhir al-Qur’an – juz 30 – yang akan dipraktekkan pada bacaan sholat lima waktu mereka.

1.5. Hafalan Do’a Sehari-hari

Program yang tak kalah pentingnya adalah hafalan doa sehari-hari yang diharapakan akan selalu diamalkan setiap anak didik dalam setiap kegiatan sehari-hari. Do’a yang dihafalkan adalah yang terkait dengan kegiatan keseharian mulai dari do’a bangun tidur hingga tidur kembali.

  1. 2.      Kewirausahaan

Jangkauan program ini sebetulnya mengarah kepada hal-hal yang berhubungan dengan sosialisasi dan bermasyarkat yang pada teknis pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk kunjungan-kunjungan ke instansi-instansi yang sekiranya dapat mengembangkan minat dan jwa kewirausahaan anak dan latihan memasak. Semua kegiatan ini melibatkan anak didik dan guru pengajar.

2.1. Kunjungan ke POLRES Bantul

Kunjungan ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan anak didik pada peraturan hukum sejak dini.

2.2. Kunjungan ke Penaggulangan Bencana

Kunjungan ke instansi yang berkaitan dengan bencana ini lebih seperi ke  Pemadam Kebakaran.

2.3. Kunjungan ke Rumah produksi (Pabrik) dan Swalayan

Kunjungan ini dimaksudkan memperkenalkan anak didik kepada usaha-usaha yang terdapat di lingkungannya dengan harapan bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri anak didik. Kemudian dalam kunjungan ke swalayan, anak didik dihimabau untuk membawa uang, berbelanja dan membayar ke kasir sendiri suapaya anak didik mengerti tata cara dan adab dalam berjual-beli.

2.4. Latihan Memasak

Untuk program ini, ditunjuk sebagai pemandu adalah orang tua/wali anak didik. Merekalah yang mengajarkan memasak kepada para anak didik denagan harapan anak didik tahu sedikit tentang dunia memasak walaupun belum mampu untuk mengimplementasikannya dalam kehidupannya, tetapi paling tidak mereka para anak didik sudah kenal dengan dunia ini.

 

  1. 3.      Olahraga dan Drum Band

Dalam bidang olahraga telah mendapatkan berbagai juara, khususnya dalam lomba renang yang pada kurun waktu tiga tahun terkahir ini mereka mampu mempersembahkan juara 1 dalam perebutan Piala MENPORA TK SE-DIY secara berturut-turut, sehingga piala bergilir MENPORA bisa menjadi milik tetap mereka.

Selanjutnya dalam kegiatan yang belum lama ini diadakan oleh UKM Drum Corps UMY, TK ini juga mendapatkan hadiah pertama dalam ajang lomba Drum Band antar TK Se-Jawa Tengah.

Pendanaan

Dalam penggalaan dana, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa TK ini ada di bawah pengawasan Aisyiyah, maka sumber dana didapatkan dari:

  1. Sumbangan para wali murid
  2. Dana dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA)
  3. Guru-guru DPK

Mekanisme penggalian dana yang dilakukan adalah dengan menarik dana dari wali murid sesuai dengan kesepakatan yang telah disahkan pada pertemuan antara wali murid dan jajaran dewan guru. Dalam pertemuan tersebut kurang lebih membahas tentang program beserta besarnya dana yang akan dicanangkan oleh guru, kemudian didiskusikan dengan wali murid. Jadi, dana yang ditarik dari wali murid merupakan persetujuan bersama antara wali murid dengan jajaran guru.

Dana yang sudah terkumpul dari wali murid kemudian dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan dan program yang sudah dicanangkan dan dibahas antara wali murid dan jajaran guru.

Motivasi Ber-Muhammadiyah

Berkaitan dengan motivasi dalam ber-Muhammadiyah, karena kita – Pengurus TK ABA – berada dalam naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk merealisasikannya kita mengadakan pengajian sebulan sekali dan juga untuk organisasi kita mengikuti revitalisasi ruh kemuhammadiyahan dan keaisyiyahan yang diisi oleh para Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA).

Pengalaman Bermuhammadiyah

Pengalaman yang menarik dalam bermuhammadiyah adalah pada waktu mengikuti acara senam payung yang merupakan rentetan dari acara Mu’tamar Muhammadiyah yang ke 100 tepatnya pada saat pembukaan, yang diselenggarakan di UMY beberapa waktu lalu. TK Aisyah Panti Putra mengirimkan anak didiknya untuk mengikuti acara tersebut – senam payung – yang juga diikuti oleh 1000 anak dari seluruh TK ABA se-Yogyakarta.

Untuk guru-guru, setiap liburan mengadakan Darul Arqam dan mengundang tokoh-tokoh dari Muhammadiyah dari PKU Muhammadiyah Bantul kemudian juga dari PDM Bantul.

 

Implementasi nilai dasar Muhammadiyah

Dalam mengimplementasikan nilai dasar Muhammadiyah selalu berusaha membiasakan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam mu’amalah ma’a an-nas maupun dalam mu’amalah ma’a Allah senantiasa menerapkan nilai-nilai Muhammadiyah. Dalam pembinaan keagamaan selalu berusaha menerapkan tuntunan Muhammadiyah.

Saran untuk UMY

Pendidikan yang baikpun harus didukung oleh dana yang memadai, maka dari itu tidak ada salahnya jika UMY memberikan bantuan kepada TK Aisyiyah berupa materi. Pernyataan ini bukan berarti materialis, sama sekali tidak karena semua ini juga untuk pendidikan calon-calon kader Muhammadiyah secara khusus maupun calon Pemimpin Bangsa pada umumnya. Untuk mahasiswa agar selalu berusaha lebih bersosialisasi dengan masyarakat, karena nanti kalian juga akan hidup di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s