Jilboobs dan Proses ber-Islam

jilbbb

Dalam sejarah perjalanan manusia, jilbab selalu menjadi trend di kalangan wanita bahkan laki-laki untuk diperbincangkan. Baik dari bentuknya, fashion sampai makna filosofis darinya. Seiring dengan itu, muncul juga istilah-istilah yang berkaitan dengan jilbab; dari istilah “jilbabers” hingga istilah “jilboobs” (istilah yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini) atau istilah semacamnya.

Menurut hemat saya, adanya fenomena istilah-istilah tersebut di Indonesia dewasa ini harus diamati lebih dalam dengan kaca mata yang lebih luas:

Pertama, istilah yang muncul terkait dengan jilbab ini akan berdampak pada pengkotak-kotakan jenis wanita yg mengenakan jilbab bahkan dalam bahasa yang lebih sedikit keras adalah “justifikasi” (penghakiman). Adanya justifikasi ini, bagaimanapun, akan berdampak negatif, karena memungkinkan memojokkan wanita yg mengenakan jilbab dalam salah satu istilah yg disematkan (jilboobs), bahkan mengakibatkan ke-minderan dalam mengenakan jilbab.

Kedua, bagaimanapun dianggap belum sempurna dalam berjilbab, tapi barangkali itulah proses yang harus dilalui oleh seseorang menuju kesempurnaan berjilbab. Bahkan itulah rangkaian perjalanan menuju kesempurnaan beragama. Dengan demikian, tidaklah elok jika saudaranya sendiri memojokkan saudara perempuan yang lain. Begitulah Allah SWT mengajarkan kepada kita.

Ketiga, Islam adalah agama yang hanif, dan itulah yang harus kita jalankan dalam memahami fenomena ini. Jangan hanya menjustifikasi bahwa jenis wanita itu jilboobs dsb. Tapi mari kita bantu mereka dalam berproses memahami agama; proses berjilbab dan proses dalam memahami kemuliaan wanita. Dengan tidak mencela, karena itu akan menjauhkan kita dari mereka. Tetapi bantulah mereka dalam berproses dengan hikmah dan bijaksana, bukan dengan menghina. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s