…..terbalik

terbalik

 

“Kalau satu jam bisa dimanfaatkan untuk menjalani hidup tanpa menyakiti orang lain, karena satu jam rasanya singkat. Mungkin kita bisa menjalani hidup ini jam demi jam, bukan hari demi hari”—Wilda.

 

Hal yang utama yang harus kita lakukan adalah berpikir. Dan barangkali, kita harus berpikir terbalik, artinya jangan berpikir hal yang sama dengan apa yang dipikirkan orang lain. Bukan untuk pongah dan sombong, tapi supaya ada dinamika kehidupan serta pertukaran pemikiran, dengan harapan akan menambah wawasan serta melihat satu persoalan dari berbagai aspek. Bertukar pikiran mensyaratkan adanya sikap “legowo” dari kedua belah pihak; karena tujuannya bukan adu kekuatan pikiran, tapi supaya tercipta sintesis pemikiran yang harmonis.

 

Kutipan di atas, bagi saya, merupakan suatu bentuk contoh berpikir terbalik: dalam menyikapi waktu. Ya! Waktu. Sebagian besar dari kita menganggap bahwa hidup dijalani selama 24 jam. Bukankah itu sudah menjadi mainstream, biasa. Tapi, cobalah berpikir sebaliknya: bagaimana jika kita tak lagi menggunakan waktu 24 jam dalam menghitung rencana hidup kita, tapi dengan hitungan SATU JAM. Waktu yang amat singkat, namun tak banyak orang menyadari serta mencoba untuk hidup per-satu jam, bukan per-24 jam. Sangat terbalik dari apa yang sebagian orang pikirkan bukan?

 

Tujuannya sangat simple: ketika hidup satu jam, mampu dimanfaatkan untuk tidak menyakiti hati (perasaan) orang lain. Jika kita menghitung per-24 jam, barangkali hal tersebut (hampir) mustahil untuk dilakukan, tapi bagaimana jika kita mulai menjalani hidup, tanpa menyakiti, dengan menghitung waktu yang kita jalani per-satu jam ?

Mari hidup per-satu jam dan mencoba berpikir terbalik !

—arif widodo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s